Jumat, 30 November 2012

Vibrating Screen (Equitment Clarification Stasion)


     Vibrating screen bisa disebut juga sebagai (ayakan getar) umum nya bekerja untuk memisahkan padatan yang terkandung dalam minyak kasar (dirt crude oil) dengan cara di ayak/di getar pada media saringan dengan ukuran mess tertentu (sesuai dengan kebutuhan). Biasa penggunaan vibrating screen di letakan sebelum CST (sebelum masuk COT) dan setelah CST (pada sludge tank) Proses penyaringan dibantu pemberian air panas sebagai pencuci dengan temperatur 80 C – 90 C.

Vibrating Screen Double Dek ( Pada sludge tank)
     Fungsi vibrating screen adalah memisahkan non oil solid (NOS) yang terdiri dari sampah, serat fiber yang berukuran besar serta pasir yang terikut bersama crude oil karena tidak terendapkan di sand trap tank. Ditambahkannya air panas dengan tujuan agar pemisahan partikel-partikel pasir dapat memisah dengan baik disamping untuk mengurangi terjadinya clogging (penyumbatan) pada screen. Salah satu fungsi nya juga untuk menjaga agar tidak sering terjadi penyumbatan pada nozzle sludge sentrifuges. Agar proses pemisahan  berjalan baik biasa nya penggunaan ukuran mess dapat menjadi salah satu yang akan berpengaruh terhadap proses pemisahaan di vibrating screen.  Fraksi yang dipisahkan pada alat ini ada 2 (dua) komponen, yaitu :
    
  1. Pasir dan tanah yang berasal dari panenan yang terikut bersama buah. Umumnya pabrik telah memiliki sand trap tank untuk mengendapkan partikel-partikel yang mempunyai berat jenis lebih besar dari satu (SG > 1,0). Oleh karena itu waktu pengendapan (retention time) sangat singkat, maka tidak seluruhnya pasir atau gumpalan tanah dapat terpisahkan, hal ini akan dilanjutkan pemisahannya pada vibrating screen.
  2. Serat atau ampas yang terikut dalam minyak dipisahkan dengan maksud agar kadar kotoran minyak sesuai dengan standard kualitas.
Proses Pencampuran Water Delusion 
Penambahan alat sand trap tank diantara talang kempa ulir (screw press) akan menambah ketahanan dan masa pakai vibrating screen, karena pasir dalam minyak mempunyai daya gesek yang tinggi, yang dapat mempercepat keausan screen pada alat vibrating screen.

Spesifikasi
Secara umum spesifikasi alat antara lain adalah :

  • Unit vibrating screen (saringan getar) model bulat terdiri dari 2 (dua) buah saringan dengan 20 mesh dan 40 mesh yang terbuat dari bahan stainless steel diletakan sebelum CST dan ukuran 60-70 mess diletakan sesudah CST (pada sludge tank).

Vibrating Screen Mess 20-40 
  • Diameter saringan 1.524 mm (60 inc)
  • Digerakkan dengan penggerak electro motor 2,5 KW

Vibrating Screen Mess 60-70 
2.3. Cara Kerja
Tipe rectangulair bekerja dengan getar atas bawah, muka belakang dan kiri kanan yang terdiri dari 2 (dua) tingkat screen dengan ukuran 30 mesh dan 40 mesh. Sedangkan vibro screen bekerja dengan cara getaran melingkar dan atas bawah, yang terdiri dari 2 (dua) tingkat screen dengan ukuran 30 mesh dan 40 mesh, yang sering disebut dengan double deck.


8 komentar:

  1. Salam enginerr,mau tanya ni pak ucok,mengapa wire mesh kok selalu robek ya padahal baru diganti

    BalasHapus
    Balasan
    1. might be because of incorrect installation/miscalculate the dimension or from the oil itself. Probably the oil contain a huge impurities

      Hapus
    2. That is because of high tension in the screen or due to improper clamping. Mail me on aditya@baseengineering.in

      Hapus
  2. Jenis jenis vibrating screen ini apa aja ya pak,,soalnya cari di situs lain gak nemu ada tugas kamous soalnya?

    BalasHapus
  3. I would highly recommend Le_ meridian funding services to any person in need financial help and they will keep you on top of high directories for any further needs. Once again I commend yourself and your staff for extraordinary service and customer service, as this is a great asset to your company and a pleasant experience to customers such as myself. Wishing you all the best for the future.Le meridian funding service is best way to get an easy loan,here is there email..lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com Or talk to Mr Benjamin On WhatsApp Via_+1-989-394-3740 Thank You for helping me with loan once again in my sincerely heart I'm forever grateful.

    BalasHapus
  4. apakah sama antara vibrating mill dengan vibrating screen?

    BalasHapus
  5. Cara menyetel getaran vibrating seperti apa?

    BalasHapus