Jumat, 04 Januari 2013

Sludge Centrifuges (Equiment Sludge Treatment)

      Sludge sentrifuges merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengutip minyak yang terkandung dalam sludge. Alat ini bekerja dengan  memanfaatkan gaya sentrifugal dari pemutaran bowl yang telah terisi padat dengan sludge. Dimana sludge yang memiliki berat jenis (BJ) > 1,0 (heavy phase) akan terlempar keluar melalui nozzle dengan ukuran tertentu (1,8 sampai dengan 2,0 mm) sedangkan minyak yang memiliki berat jenis lebih ringan (light phase) akan terkumpul di tengah bowl melalui duscharge pipe untuk dikirim kembali ke Sand Trap Tank/Collection Tank.

   Keberhasilan penggunaan sludge separator sangat menentukan terhadap persentase kehilangan minyak. Kemampuan alat memisahkan volatile material (VM) dan non oil solid (NOS) tergantung dari :

  1. Kapasitas olah unit sludge separator
  2. Suhu minyak dalam sludge separator dipertahankan diatas 90 0C, yang dapat dibantu dengan pemberian uap panas
  3. Ukuran nozzle (semakin besar ukuran maka semakin besar juga kapasitas olah, tetapi semakin besar juga minyak yang ikut terbuang pada sludge/ rekomendasi 1,7 -1,9 mm).
  4. Jenis sludge separator
  5. Putaran dari bolw (Standar 1450-1500).
  6. Kesetimbangan pemisahan lumpur dari cairan yang masuk kedalam sludge separator perlu dipertahankan dengan : Mempertahankan tekanan pada outlet sludge separator dengan membuat bak yang berisi air, sehingga tekanan lawan konstan. Ada juga alat sludge separator yang dilengkapi dengan vasculator yang berfungsi untuk mengukur volume outlet sekaligus menjadi stabilisator tekanan. Mengisi air panas kedalam sludge separator untuk mempertahankan tekanan dalam sludge separator, sehingga kecepatan air dan pemisahan lumpur dengan air konstan.
Komponen penunjang sludge centrifuges :
1. Motor listrik (ELMO) add coupling
2. Pipa sludge inlet
3. Pipa oil discharge,
4. Pipa sludge discharge
5.Pipa hot water, pipa water colling
6. Rotor shaft
7. Top cover
Top cover
8. Star blow
Star blow 12 nozzle
9. Nozzle
    Nozzle
10. Bearing
Bearing
     Biasanya standart keberhasilan pengolahan minyak pada sludge sentrifuges jika hasil analisa oil losses in sludge adalah 1 % .


1 komentar: